Penyebab Ponsel Meledak dan Cara Mencegahnya

Teknoponsel.com – Ahir-ahir ini banyak sekali kasus terjadinya ponsel meledak yang berasal dari dalam maupun luar negri. Penyebab ponsel meledak sendiri berbeda-beda, ada yang disebabkan oleh kesalahan penggunanya, ada juga karena cacat produksi tipe ponsel itu sendiri.

Mengapa ponsel bisa meledak dan terbakar? Pada dasarnya perangkat elektronik yang berada di sekitar kita seperti komputer maupun ponsel khususnya, membutuhkan energi listrik dalam jumlah tertentu supaya dapat beroprasi, dan pada akhirnya membuat perangkat tersebut menjadi panas.

Sebenarnya panas pada perangkat elektronik merupakan hal yang wajar, hanya saja pada titik tertentu, panas berlebih bisa merusak perangkat tersebut atau lebih buruknya lagi bisa mencederai pengguna, karena ledakan kecil memicu terjadinya kebakaran.

Penyebab Ponsel Meledak dan Terbakar

penyebab ponsel meledak

Dalam setiap perangkat elektronik terdapat komponen kecil yang sensitif. Pada laptop dan ponsel, komponen tersebut menjadi lebih kecil lagi untuk menyesuaikan ruang dan bentuk, sehingga menjadikan komponen tersebut lebih sensitif terhadap panas. Contohnya baterai dan prosesor.

Suhu panas yang melebihi batas normal biasanya berasal dari baterai dan prosesor. Panas berlebih tersebut dapat melumerkan isolasi plastik dan bahkan beberapa logam yang halus, seperti timah misalnya. Ketika ini terjadi, gadget akan rusak dan kadang-kadang bisa berbahaya.

Berikut Faktor Penyebab Ponsel Meledak dan Cara Mencegahnya

1 Penggunaan Ponsel Sambil Melakukan Pengisian Daya Baterai

Para ahli dan produsen sependapat, keduanya sangat menyarankan untuk tidak menggunakan ponsel saat sedang mengisi daya. Pengisian daya akan menyebabkan panas meningkat, ditambah dengan panas ketika ponsel digunakan sehingga menyebabkan panas berlebih dan memicu ledakan.

Sebaiknya saat melakukan pengisian daya baterai pada ponsel disertai dengan melakukan aktivitas lainya. Jika kebutuhan Anda menggunakan gadget sedang tinggi, lebih baik gunakanlah unit lain yang tidak sedang dalam pengisian daya.

2 Memakai Kepala Charger Tidak Original

Dalam pembuatan alat elektronik seperti ponsel pintar, setiap komponen ponsel tersebut memiliki keterkaitan dan standar penggunaan yang disesuaikan. Bila salah satu digunakan terpisah misalnya penggunaan charger non ori, kemungkinan terjadi masalah cukup besar karena tidak sesuai.

penyebab ponsel meledak karena charger kw

Biasanya hal ini terjadi saat keluar rumah saat beraktivitas. Anda lupa atau tidak sempat membawa charger asli saat daya baterai ponsel Anda hampir habis, lalu asal meminjam dari teman yang beda jenis ponselnya. Lebih baik selalu bawa charger asli ponsel Anda untuk menghindari kerusakan.

3 Menggunakan Cahrger Tablet Untuk Ponsel

Umumnya ukuran tablet lebih besar bila dibandingkan dengan ponsel. Begitu juga dengan konsumsi daya keduanya, dari besarnya kapasitas daya baterai sampai dengan besarnya arus yang mengalir dari masing-masing charger.

Arus dari charger tablet umumnya lebih besar dari charger ponsel. Jika penggunaan charger tertukar, dapat menyebabkan pengisian daya tidak seimbang. Menggunakan charger tablet untuk ponsel dapat menyebabkan ponsel tersebut menjadi panas yang berlebihan.

Sebaiknya jangan sampai Anda keliru saat ingin melakukan pengisian daya. Gunakan charge tablet dengan charger ponsel sesuai dengan perangkatnya masing-masing. Begitu juga dengan penggunaan power bank, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan gadget Anda.

4 Tegangan Listrik yang Tidak Stabil

Anda mungkin pernah mengalami saat memasukan kepala charge ke stop kontak terjadi percikan kecil berwarna biru kekuningan. Itu membuktikan bahwa tegangan listrik dapat menghasilkan api. Bila tegangan listrik tidak stabil, dapat memicu percikan yang lebih besar.

Langkah paling mudah dan aman untuk menghindari terjadinya ledakan pada ponsel saat pengisian daya, jangan sering berpindah-pindah colokan stop kontak, karena setiap colokan memiliki daya yang berbeda. Setiap percikan yang timbul dapat mempengaruhi kualitas charger menjadi menurun.

5 Mengisi Daya Baterai Terlalu Lama

Saat ini setiap unit ponsel pintar pasti memiliki durasi tertentu untuk pengisian daya sampai penuh. Bila terlalu lama, komponen dalam ponsel akan memutus arus secara otomatis bila baterai sudah penuh. Namun perlu diketahui bahwa ponsel yang sudah berumur, kemampuanya pasti berkurang dalam berbagai sektor.

Begitu juga dengan komponen pemutus arus secara otomatis dalam ponsel. Jika komponen tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya atau bermasalah, dapat menyebabkan kebakaran. Sebaiknya saat melakukan pengisian daya baterai jangan sambil tidur supaya dapat langsung mencabut koneksi carger saat terisi penuh.